Tugas Bahasa Indonesia 2 (KELOMPOK)
Kelompok : 
- JAIS MUSTOFA (13110702)
- RAVI VENDRA RISHIKA (15110682)

Penelitian Singkong Transgenik untuk Lahan Kering Mulai Digalakkan

Sejumlah penelitian rekayasa genetika tanaman pangan dalam menyiasati perubahan iklim yang lebih kering di masa depan sudah mulai dilakukan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, misalnya pada tanaman ubi kayu/singkong (Mannihot esculenta).

"Misalnya gen penyandi phytoenesynthase (Psy) yang terlibat dalam biosintesis beta karoten pada ubi kayu sudah diidentifikasi dan sudah di-sequence untuk konfirmasinya," kata peneliti pada puslit Biotekologi LIPI Prof Dr. Enny Sudarmonowati yang baru saja dikukuhkan sebagai profesor riset oleh LIPI di Jakarta, Senin (24/10).

Gen yang diperoleh ini akan diintroduksi kembali ke tanaman ubi kayu melalui transformasi genetik yang tekniknya telah dikuasai sehingga diharapkan tidak lagi mengalami kesulitan di masa datang, ujar Enny. Beta karoten yang diduga berkorelasi dengan ketahanan terhadap kekeringan, ujarnya, sudah bisa ditingkatkan dalam penelitian tersebut.

Upaya menghasilkan ubi kayu yang mengandung kadar amilosa lebih tinggi juga sedang dilakukan, ujar Enny , bahkan upaya untuk menghasilkan ubi kayu dengan amilosa lebih rendah sudah sampai di lapang uji terbatas hingga generasi kelima dan merupakan riset ubi kayu transgenik pertama di dunia untuk varietas Indonesia. 

Amilosa merupakan komponen pati selain amilopektin yang komposisinya secara alami adalah 20 persen untuk amilosa dan 80 persen untuk amilopektin. "Amilosa jika dikurangi persentasenya akan semakin baik bagi pengolahan pada industri kertas dan tekstil karena pengolahannya menjadi lebih mudah. Di LIPI sudah terbukti kandungan amilosanya bisa dikurangi jadi hanya dua hingga tiga persen dari yang alaminya 20 persen dengan cara transgenik ini," katanya. 

Sedangkan kadar amilosa tinggi (amilopektin rendah) diperlukan untuk industri pangan, khususnya makanan bagi orang yang memiliki masalah dengan pencernaan dan untuk obat-obatan pada industri farmasi, tambahnya. 

Penelitian bioteknologi untuk pasca panen ubi kayu menurut dia juga sudah dilakukan, seperti untuk meningkatkan masa simpannya setelah panen dari lima hari ditingkatkan menjadi 12 hari. Selain itu biofortifikasi (menambahkan zat gizi pada tanaman) juga sudah dilakukan terhadap singkong ini seperti memasukkan zat besi dan seng, tambah Enny (Opi).

DIKSI ( PILIHAN KATA ) :
1.Transformasi : Perpindahan
2.Transgenik : Perpidahan gen

3.pasca : Setelah

KELEBIHAN : 
Pemilihan kata sudah cukup tepat karena dalam pembuatan artikel disertakan juga sumber dari pakar dan mampu menganalisa untuk masa depan.

KEKURANGAN :
Ada beberapa kalimat yang rancu, seperti pada paragraf 1 yang akan berpindah ke paragraf 2 pembaca akan bingung karena membaca kata misalnya 2 kali.

Untuk kata ilmiah tidak semua di cantumkan arti dan makna dari kata tersebut sehingga orang awam yang membaca akan bingung.

SARAN
Untuk lebih mempermudah pembaca dalam memahami kata ilmiah seharusnya penulis memberikan maksud dari kata tersebut.

Referensi : http://www.bulog.co.id/berita/37/1773/10/5/2010/Penelitian-Singkong-Transgenik-untuk-Lahan-Kering-Mulai-Digalakkan.html

0 comments:

Post a Comment

Copyright 2010 Ravi Vendra's Blog
Lunax Free Premium Blogger™ template by Introblogger